Internet : Memberdayakan Industri Kreatif, Memajukan Bangsa

Follow Us to Update News :

    
          Salah satu hal yang paling mencolok antara kehidupan pada masa kini dengan masa lalu adalah sistem penyebaran informasi. Pada zaman dahulu orang-orang sulit untuk mencari informasi, karena mereka hanya bisa menunggu informasi datang kepada mereka. Sedangkan pada era modern sekarang ini justru kita yang mendatangi atau mencari informasi, bukan informasi yang datang kepada kita. Hal ini tentu berdampak positif, karena kita bisa memilah-milah informasi yang sesuai dengan yang kita butuhkan dan juga bisa lebih mempermudah kita dalam mendapatkan informasi tersebut. Sudah tentu, media informasi yang saya maksud disini adalah media internet, karena internet adalah media informasi sekaligus media komunikasi yang paling canggih dan terpopuler pada abad ini.

          Internet menjadi sangat populer karena kepraktisannya dalam mengakses informasi dibandingkan dengan media informasi lainnya seperti koran, majalah, radio bahkan media televisi. Dan lagi, internet ini menyimpan potensial yang luar biasa karena jika bisa dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi lahan yang segar untuk memberdayakan industri kreatif. Mengapa internet sangat mendukung pemberdayaan industri kreatif? Karena dengan internet kita bisa mengekspresikan apapun jenis kreativitas yang kita miliki dengan sebebas-bebasnya, dan tentu dengan menunjung tinggi nilai-nilai etika dan netiket –etika di dunia maya–.

          Namun tentu ada yang harus diperhatikan disini, bahwa media internet sedikit berbeda dengan media informasi yang lain. Untuk bisa menyalurkan kreativitas kita di internet, kita memerlukan sebuah halaman di internet yang disebut webpage. Webpage ini adalah halaman yang ada di internet yang merupakan wadah untuk menampilkan apapun yang kita mau, bisa berupa gambar, suara, dan tulisan yang kita miliki. Untuk memiliki halaman di internet ini juga melalui proses yang cukup rumit dari mulai membeli nama domain sampai memikirkan server dan hosting untuk sebuah website. Untuk itu kini banyak tersebar penyedia blog-blog gratis yang dapat langsung kita pakai tanpa harus mengurusi hal tersebut karena cukup memakan waktu, dan juga biaya tentunya.

          Ya, blog adalah sarana yang sangat efektif dan leluasa dalam mengekspresikan kreativitas dan kemampuan yang kita miliki, apapun itu bentuknya. Penyedia blog yang terkenal di jagad web antara lain wordpress, blogger dan tidak ketinggalan juga penyedia blog asal Indonesia, dagdigdug. Kita bisa menuliskan ide-ide kita tentang apapun, menampilkan hasil karya tulisan kita sendiri, bahkan sekadar menuliskan catatan pribadi biasa. Sepelekah itu? Ya, memang terkesan sepele namun jika blog tersebut kita kelola dengan benar bisa menjadi media yang menguntungkan. Yang lebih bernilai lagi, kreativitas dan kemampuan menulis dan menyalurkan ide yang kita miliki juga bisa meningkat jika kita aktif menulis sesuatu yang baru dan bernilai pada blog yang kita miliki. Banyak blog indonesia yang telah sukses menunjukkan keseriusan mereka di dunia maya seperti fatihsyuhud.com, dailysocial.net, blogguebo.com atau dari yang luar negeri boingboing.net dan masih banyak lagi.

          Jika anda masih menganggap bahwa blog itu masih terlalu sepele untuk bisa eksis di internet, marilah kita menuju ke tahapan yang lebih advance, bukan hanya membuat blog. Coba anda pikirkan, mengapa google.com, youtube.com, facebook.com bisa sangat terkenal di dunia maya? Jawabannya adalah karena situs-situs tersebut memiliki fungsi yang spesifik yang bisa memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan pengguna akan informasi yang ada di dunia maya. Jika anda memiliki website yang merupakan pioneer yang memiliki fungsi tertentu, maka cepat atau lambat website anda akan lebih mempunyai tempat terlebh dahulu dihati para pengguna, dengan catatan website anda tersebut harus bisa terus memperbaharui fitur yang ada seiring dengan berjalannya waktu agar tidak ketinggalan jaman. Sulit dimengerti? Oke disini saya akan memberi contoh. Pelopor website jejaring sosial di dunia maya yang sudah sering kita dengar namanya adalah friendster.com, yang begitu popular sebelum akhirnya facebook sangat sukses menggeser posisi friendster dan kini berada di tingkat kedua dari website yang paling sering diakses oleh pengguna internet. Friendster menjadi sangat popular pada waktu itu karena belum ada website lain yang bisa menyaingi friendster dalam hal fitur pertemanan, karena masih sangat sedikit situs pertemanan yang ada pada saat itu. Ketika nama friendster sudah melambung, maka banyak website yang ingin mengikuti jejak kesuksesan friendster. Website lain yang ingin menyaingi friendster tentu akan sangat sulit karena nama besar friendster yang telah melekat dihati para pengguna friendster yang lebih dahulu muncul.

          Hingga akhirnya, para pengguna friendster makin bosan karena friendster terlalu monoton dan tidak terlalu peduli untuk menambah fitur yang dimilikinya dan disaat-saat itulah para pengguna friendster sedikit demi sedikit mulai beralih ke facebook yang memang memiliki fitur yang lebih baik daripada friendster. Hingga sekarang pun, posisi facebook sebagai situs pertemanan nomor satu tidak bisa digoyahkan.

          Oke, itu hanya sekilas cerita dari saya yang mudah-mudahan bisa menginspirasi anda untuk bisa membuat sesuatu yang baru, unik dan belum pernah terpikirkan sebelumnya di dunia maya dengan media website, karena tentu yang lebih dahulu muncul itu adalah yang akan lebih dahulu melekat dihati pada pengguna, seperti merek ‘aqua’ yang tetap bisa menjadi pilihan terfavorit karena lebih dahulu muncul daripada yang lain. Atau seperti indowebster.com yang merupakan pelopor web hosting asal Indonesia, sehingga bisa memiliki kecepatan transfer data yang maksimal bagi pengguna internet yang berasal dari Indonesia dan kini merupakan web hosting nomor satu di Indonesia.

          Yap, mudah-mudahan tulisan ini dapat menginspirasi anda semua untuk bisa terus berkarya dengan sesuatu yang baru di dunia maya, karena itu juga bisa menambah imajinasi dan kreativitas yang anda miliki. Misi besarnya, untuk memajukan bangsa menuju masa depan yang lebih baik. Akhir kata sekian dari saya, dan jangan ragu untuk terus berkarya di dunia maya !



http://nagasuara.blogspot.com/ | http://tips4bsense.blogspot.com/ | http://bug.ueuo.com/ | http://widyaputrinyapaksuwir.blogspot.com/ | http://www.tulisan-bebas.com/ | http://brijakartaveteran.blogspot.com/ | http://warnatulisan.blogspot.com/http://www.akhatam.com/ | http://www.kostpink.com/ | http://fallcash.net/  | http://aanworld.blogspot.com/ | http://zool-world.blogspot.com/ | http://achmadtaher.blogspot.com/2010/04/membaca-dan-menilai-artikel-dapat.html/ | http://staffsite.gunadarma.ac.id/




=================================================
                        Supported by Indonesian Online Blog
=================================================
 
Tips dan Trik, Tips and Tricks © 2011 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates