Apakah Domain .co.cc Benar-Benar Gratis ?

Follow Us to Update News :

Pada awalnya blog saya www.ajrlive.co.cc,
namun setelah melihat artikel dari http://kuspito.wordpress.com/2009/06/06/benarkah-domain-co-cc-gratis-jawabannya-tidak-benar-co-cc-hanya-gratis-setahun-tahun-selanjutnya-bayar-3/
saya memutuskan untuk tetap memakai blogspot sebagai alamat dari blog
disana banyak kisah2 << sok banget << yang dikutip tentang tidak gratisnya domain co.cc
inilah diantaranya :

diambil dari http://tutorial-website.blogspot.com/2009/06/benarkah-wwwcocc-itu-ternyata-tidak.html
Benarkah Domain CO CC Beresiko dan Bermasalah ???
Apa kabar semuanya? Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai perihal yang menjadi judul postingan ini, saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada pembaca karena sudah cukup lama tidak meng-update isi blog ini dan membalas komentar-komentar yang sudah masuk. Hal ini dikarenakan kesibukan saya di organisasi himpunan mahasiswa di kampus saya. Sejak Jumat 29 Mei ‘09 s.d 3 Mei ‘09 kemarin saya harus ikut dalam kegiatan pelaporan pertanggungjawaban BPH organisasi saya tersebut, dan kebetulan saya masih menjadi senat mahasiswa di jurusan tersebut yang mana harus mengevaluasi kinerja mereka sehingga harus hadir terus menerus. Sengat lelah rasanya. Tapi gpplah, yang penting bisa memberikan yang terbaik, dan sejak tanggal 3 Mei ‘09 tersebut saya resmi untuk tidak menjabat sebagai anggota senat mahasiswa lagi.
Well, back to topic. Co.cc merupakan sebuah provider yang menyediakan layanan free domain bagi pemilik website. Hal ini sudah saya bahas secara lengkap di sini. Pada postingan tersebut saya menyebut bahwa domain yang diberikan tersebut adalah gratis (free domain). Namun, saya juga sempat menyinggung bahwa layanan free domain dari Co.cc tersebut terbatas. Nah, benarkah seperti itu? Berarti Co.cc tidak gratis donk?
Jika dikatakan domain Co.cc tidak gratis, ada benarnya namun ada juga salahnya. Bagi saya domain Co.cc adalah gratis namun hanya 1 tahun. Toh itu sudah bisa dikatakan bersifat gratis. Selama kita menggunakan domain Co.cc tersebut selama 1 tahun pertama, adakah kita membayar sejumlah uang untuk memakainya? Jika tidak, berarti itu adalah free domain selama 1 tahun tersebut. Lantas bagaimana seterusnya? Setelah 1 tahun, domain tersebut akan expired. Namun, kita masih bisa menggunakan domain Co.cc tersebut asalkan kita membayar sebesar US$ 3.
Sebenarnya sedikit kecewa juga dengan layanan seperti itu, apalagi jika kita sudah terlanjur menggunakan domain dari Co.cc tersebut. Jika ternyata ujung-ujungnya membayar, alangkah lebih baiknya membeli domain bayar yang lain dari awal yang berakhiran .com maupun yang lainnya. Namun, harga yang ditawarkan oleh Co.cc lebih murah dibandingkan dengan harga domain berakhiran .com yang sekarang ini harganya masih berkisar US$ 9 – US$ 10. Namun, jika pembaca tetap juga tidak berminat, mungkin ada baiknya mencari dan mencoba domain murah lainnya.
Silahkan pembaca pertimbangkan sebelum menggunakan layanan domain Co.cc tersebut. Jika ternyata Anda merasa berat untuk membayar dikemudian hari, mungkin domain Co.cc tersebut sebaiknya tidak Anda gunakan sebagai domain utama yang Anda publikasikan ke khalayak ramai. Sebab jika Anda memutuskan untuk mengganti dengan domain baru, maka Anda akan bekerja lebih ekstra lagi untuk mempromosikan domain baru Anda. Saya sendiri menggunakan domain Co.cc tersebut hanya untuk mencoba-coba saja.He3x.


diambil dari http://toserblog.co.cc/me-blog/hati-hati-domain-cocc-itu-bukan-domain-gratis.html
Hati-Hati, Domain .co.cc Itu Bukan Domain Gratis
Aku yakin semuanya sudah pada tahu dengan domain (atau kalau aku nyebutnya subdomain) .co.cc itu. Sebuah domain yang diregister oleh seseorang yang berasal dari Korea Selatan bernama Kim Jong Sung (lihat who is). Top level domain (TLD) domain ini, yakni .cc harganya sekitar $ 35 USD pertahun.
Indonesia merupakan pengguna terbesar subdomain .co.cc ini (baca di sini, di sana, di sono). Kenapa bisa Indonesia? Bisa ditebak, karena di negeri ini banyak yang suka gratisan. Tapi, apa benar subdomain yang mempunyai keunggulan untuk bisa setting DNS dan MX sendiri ini gratis dan benar-benar gratis?
Ternyata tidak kawan. Salah besar kalau selama ini banyak yang bilang subdomain (yang bisa digunakan layaknya sebuah domain) ini gratis. Kalau kita memilih key yang nice, misalnya Indonesia.co.cc, maka di sana akan tertampang $12 untuk register setahun. Itu dari register nama-nama yang bagus. Terus, untuk nama-nama yang tertampang gratis? Yang gratis untuk register setahun pertama. Misalnya saja toserblog.co.cc, ini aku dapatkan gratis selama setahun. Setahun berikutnya? Lha ini dia yang bermasalah.
Coba amati skrinsut dibawah ini:
Domain co.cc
-> gambar yang lebih besar $3
2 tahun => $5
3 tahun => $7
4 tahun => $9
5 tahun => $10
Sudah? Sekarang ada yang berani bilang kalau ini domain gratis?
Aku sendiri sempat diskusi dengan beberapa teman tentang ini dan hubungannya dengan data pengguna terbanyak di Indonesia. Salah satu teman ada yang bilang, “Mungkin selama ini kita dan orang-orang Indonesia itu jarang ada yang baca TOS. Tahu gratisan, TOS langsung disetujui”. Tapi ternyata, barusan aku cek TOS-nya, kok aku gak menemukan kalimat yang menyatakan bayar untuk perpanjangan. Atau mungkin aku yang gak bisa berbahasa Inggris kali ya? (Kalau ada yang menemukan, mohon share di sini).
So, buat kalian punya akun di sini (termasuk aku), siapkan saja dana min. $3 jika masih ingin memiliki domain ini. Jangan kecewa ya? Walaupun kita sering lihat iklan adsesne kayak gambar di bawah ini:
iklan co cc
Ok, sementara itu saja dulu. Mudah-mudahan bermanfaat.
KEEP BLOGGING!

diambil dari http://www.rogustra.co.cc/2009/05/dilema-free-domain-cocc.html
Dilema Free Domain CO.CC

Hampir dua minggu saya tidak posting.. Karena saya sibuk mencari tahu (bukan tahu yang biasa kita makan) mengapa blog ini tidak dapat diklaimkan ke Technorati, jadinya blog ini terbelengkalai :sorry: Sebelumnya saya pernah mencoba mendaftarkan blog ini ke Technorati, tapi apa yang saya tunggu-tunggu tidak membuahkan hasil. Sempat terlintas di kepala saya apakah blog ini mengandung kopasan atau malware dan kawan-kawan didalamnya sehingga blog ini ditolak Technorati atau spam atau…… Sampai pusing saya mencari penyebabnya. Selidik punya selidik ternyata penyebabnya adalah domain co.cc ini.
Lha bukannya domain co.cc ini termasuk domain gratis yang bagus?
BETUL sekali domain co.cc termasuk domain gratis yang terbilang bagus.
Lalu kenapa blog ini malah ditolak Technorati padahal memakai domain co.cc?
Begini, setiap produk apapun itu punya sisi lemah dan kekurangannya. Nah, penyebabnya ada pada domain co.cc ini. Jujur saja saya belum mengetahui alasan Technorati menolak domain ini. Tapi apa yang saya alami ini juga pernah dialami oleh ateonsoft. Silahkan baca kisah ateonsoft di sini.
Apalagi kelemahan domain co.cc?
1. Ranking alexa yang tidak benar karena alexa menilik dari induknya co.cc bukan pada domain gratisannya (subdomainnya). Tetapi itu dulu, sekarang subdomainnya telah ditilik oleh alexa atau istilah kerennya subdomain co.cc memiliki ranking alexa independen alias berdiri sendiri sehingga ranking alexa murni pada subdomainnya bukan pada induknya tepuktangan.
2. Domain gratisnya hanya 1 tahun (nothing is free in this world).
Apakah domain CO.CC ini layak pakai?
Layak. Jika anda serius dengan blog anda atau lebih tepatnya blog utama anda, saya menyarankan domain ini lebih baik dipakai pada dummy blog bukan pada blog utama anda.
Sebetulnya ada tidak domain gratis lain selain co.cc?
Ada dan banyak. Contohnya: freepremiumdomain.com | freedomain.co.nr | dot.tk dan masih banyak lagi.
Nyesel?
Sedikit. Hanya dua hal yang disesalkan. Pertama, itu tadi tidak bisa mengkalim blog di Technorati. Kedua, gratisannya cuma setahun. Ya iyalah ya “nothing is free in this world”.
Hiks nangih dilema free domain co.cc membuat kepala pusing tujuh keliling :ayokona:. Jika saya mengganti alamat blog ini ke asalnya yaitu rogustra.blongspot.com kayaknya kudu daftar ulang ke SE lagi :takot:. Kalo soal konfirmasi perubahan alamat blog ke teman-teman sejagat (emangnya angkasa) memang sudah resiko yang mau tak mau harus dijalankan.
Oleh karena itu, saya minta pendapat pada teman-teman, apakah saya perlu mengganti alamat blog saya ini menjadi rogustra.blogspot.com ini kembali atau tidak. Mohon pendapatnya yah…

Nah, setelah anda membaca pengalaman-pengalaman blogger di atas,,
apakah anda akan tetap memakai domain co.cc ?
semuanya terserah anda..! ^^

=================================================
                        Supported by Indonesian Online Blog
=================================================
 
Tips dan Trik, Tips and Tricks © 2011 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates