Tips Menulis di Blog

Follow Us to Update News :

 
Jika anda adalah seorang blogger, anda mungkin sudah sangat sering dan rajin membuat tulisan-tulisan / posting baru di blog, dengan harapan bahwa blog anda akan semakin disukai oleh search engine sehingga dapat mendatangkan banyak pengunjung dan dapat meningkatkan pagerank ataupun alexa rank blog anda. Namun pada kenyataanya, pagerank dan tingkat kepopularitasan blog anda tidak mengalami perubahan yang signifikan. Pernahkah anda merasa demikian? Jika iya, saya akan memberikan sedikit tips dan trik tentang cara posting / menulis di blog agar blog anda semakin dikenal.

1.) Buat tulisan yang menarik  <b>tips posting blog trik menulis artikel, tips menulis di blog, tips menulis blog, cara menulis di blog yang baik dan benar</b>

Untuk anda yang rajin memenuhi blog anda dengan tulisan-tulisan tentang diary / kehidupan anda, mungkin ini kenyataan yang kurang menguntungkan untuk anda. Bahwa sebenarnya diary seseorang itu kurang menarik untuk dibaca oleh orang lain. Hal inilah yang mengurungkan niat saya untuk membuat blog pribadi yang hanya berisi kehidupan pribadi saya. Mungkin tak ada yang tertarik dengan kehidupan pribadi seseorang kecuali jika orang tersebut merupakan orang yang dikenalnya, atau mungkin kehidupan pribadi seorang ternama. Jika anda ingin membuat blog yang memiliki traffic yang tinggi maka pikirkanlah dari sekarang apakah anda ingin tetap melanjutkan kebiasaan anda menuliskan kehidupan anda di blog. Dan satu lagi, saya rasa menuliskan tentang kehidupan pribadi di blog juga kurang baik.

2.) Buat artikel yang memiliki trend keyword yang tinggi
 Jika diatas saya menyarankan untuk tidak memposting kehidupan pribadi di blog, maka sekarang saya akan menganjurkan anda untuk membuat tulisan yang kira-kira banyak dicari di search engine. Contohnya, keyword tips dan trik memiliki trend yang tinggi. Banyak orang yang ketika mencari sesuatu di search engine menggunakan kata tips atau trik. Maka jika anda ingin tulisan anda banyak dicari di search engine, maka banyak-banyaklah menulis artikel yang bertemakan tentang misalnya tips bermain winning eleven, atau trik bermain fm, sehingga dengan menggunakan keyword tips dan trik ini makin banyak pula visitor yang berkunjung ke blog anda melalui search engine

3.) Buat artikel yang up to date
Sudah saya tekankan pada posting sebelumnya bahwa google dan search engine lain menyukai konten yang up to date. Maka jika anda ingin memposting sesuatu sebaiknya berkaitan dengan situasi terbaru. Misalnya, sekarang ini pelajar sma sedang berjuang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk SIMAK UI, maka anda buat tulisan yang berhubungan dengan SIMAK UI, misalnya Cara Menghadapi Simak UI. Karena dengan begitu maka ketika sedang banyak-banyaknya user yang mencari tahu tentang cara menghadapi Simak UI, blog anda siap memberikan informasi tentang apa yang mereka inginkan.

4.) Buat artikel yang unik
Apa maksudnya dengan unik disini? maksud saya adalah setiap anda posting maka hindarilah mencopy-paste, karena kurang baik. Walaupun sudah mencantumkan sumber dan sudah mendapatkan izin dari si penulis, sebaiknya anda tetap menghindari kegiatan copy paste ini. Unik disini juga dimaksudkan agar anda membahas tema yang jarang ditulis para blogger di blognya, sehingga otomatis persaingan anda di search engine tidak terlalu berat karena pesaingnya sedikit. Mulailah berpikir kreatif dan jauhkan rasa ingin mencontek. pikirkan ide-ide baru yang belum mampu terpikirkan oleh blogger-blogger lain sehingga posting anda terlihat lebih fresh dan kreatif.

5.) Buat sarana visualisasi
Anda tentu mengerti apa yang saya maksudkan dengan visualisasi. Sudah tentu itu terkait dengan gambar. Gambar yang anda tambahkan pada postingan anda akan membuat postingan anda lebih segar dan tidak membosankan. Dengan adanya visualisasi yang menarik maka pembaca juga akan semakin tertarik terhadap konten keseluruhan tentang apa yang anda tulis. Jika anda memasang gambar di blog, jangan lupa pula untuk menambahkan image tag agar menambah density dari keyword anda. Misal jika anda memasang gambar yang berisi gambar alexa rank maka dapat anda tambahkan keyword alexa rank, atau pagerank pada image tag, dan tulis dengan huruf besar agar lebih dominan terdeteksi pada search engine.

6.) Sangat hindari copy paste
Sebagai seorang blogger, saya sangat tidak menyarankan anda untuk copy paste dalam menulis blog. Anda boleh menulis blog karena terinspirasi dari tulisan di blog lain, namun dalam menuliskannya pada blog anda cobalah untuk membuat tulisan dengan gaya anda sendiri, buat dengan gaya baru. Sesungguhnya copy paste ini hanya akan membuat anda tidak kreatif dan innovatif dalam menulis. Jadi, hindarilah copy-paste. Jika kemudian anda ingin copy-paste, silahkan izin terlebih dahulu kepada penulisnya dan menyantumkan alamat sumber ke dalam postingan anda. Itu adalah salah satu netiket yang ada dan secara tidak langsung harus dipatuhi oleh semua pengguna dunia maya.

Terlepas dari itu semua, maka saya serahkan lagi kepada anda, karena anda yang pantas menentukan cara yang terbaik dalam menuangkan pemikiran anda di blog.

Lalu bagaimana jika kita merasa bosan menulis di blog atau bahkan tidak memiliki ide sama sekali tentang apa yang anda tulis di blog?
Dalam hal ini saya juga merasakan hal yang serupa. Jangan kuatir jika anda merasakan hal tersebut. Hal yang harus anda lakukan adalah paksakan diri anda untuk memulai menulis. Paling tidak, anda sudah menuliskan topik yang akan anda bahas dan menuliskan beberapa kalimat saja sebagai pembuka. Setelah itu anda simpan saja sebagai draft, dan jika lain waktu otak anda sedang memiliki banyak inspirasi dalam menulis maka lanjutkan tulisan anda tersebut. Membuat tulisan di blog bukan hanya dibuat dalam hanya, beberapa jam saja, namun harus dicicil dan direview kembali agar tulisan anda lebih maksimal. Dan jika tulisan anda itu sudah layak untuk di posting maka posting saja, dan di lain waktu anda dapat menambahkannya lagi.

Hal ini saya sering lakukan kok, lihat saja posting saya banyak yang diakhiri dengan 'sudah dulu ya, saya lanjutkan lain kali', atau 'sudah capek nih, istirahat dulu yah' , sehingga pembaca sadar bahwa tulisan anda tersbut belum menjadi sempurna. Dan hal ini tentu efektif dalam membiasakan anda untuk menulis di blog. OK?

Happy Blogging  (^0^)

Anda sudah baca? 
=================================================
                        Supported by Indonesian Online Blog
=================================================
 
Tips dan Trik, Tips and Tricks © 2011 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates